Assalamuálaikum temen2 semua.
kita kembali lagi nih setelah sekian lama saya Fakum ( maaf kalau ejaannya salah yaa) .
Nih pembahasan kali ini kita akan bahas penipuan di jejaring sosial.
pasti temen2 semua udah pernah kan bakal sering lah yaa berkomunikasi lewat jejaring sosial entah itu Facebook, T
witerr, Whatsabb, Instagram, lain lain deh pokoknya. nah pasti kan tuh ada sekelompok anggota yang melakukan pemasaran atau memasarkan barangnya lewat jejaring sosial itu, baik baju, Konter, pulsa, susu, masih banyak lagi.
nah saya akan bahas pengalaman saya kepada temen2 semua, tentang penipuan yang terjadi kepada saya. mulanya saya hendak membeli PUR ayam atau Pakan Ayam tuh. karna di grosir2 mahalnya bukan maen, dibanding internet. pernah sesekali saya beli diinternet dengan user 1 (anggap saja) itu produsennya alhamdulillah amanah tidak menipu saya, nah pas saya beli yang ke 2 dengan user 2 (user yang berbeda) kebetulan user 1 sedang tidak stok barang jadi saya otomatis beralih karna pakan ayam saya telah habis,
1. Pelajaran Pertama
setelah ngobrol banyak sama user 2 akhirnya tanpa panjang lebar saya pesan Pur Ayam dengan user tersebut, saya dapet user 2 itu dari jejaring sosial Facebook, banyak deh tuh Ulasan ulasan bagus bagus buat pelajaran temen2 nih jangan percaya sama ulasan begitu yaa itu bisa aja temen2 mereka tuh yang sengaja membuat ulasan seperti itu. mereka membuat kita percaya seolah2 itu penjual adalah penjual benar alias tidak menipu. itu adalah fatamorgana ajah temen2 jangan percaya yaa, sekali lagi hati2
2. Pejalaran Kedua
pada waktu saya berbincang dengan user 2 itu dia sangat responsive lah yaa. responnya cepat dan juga sangat atau bahkan baik sekali, ngucap salam pakai tanda2 emot, baik deh pokoknya dan juga respon kalau kita chat itu balesnya cepat, dan juga memaksa, memperlihatkan gambar2 produk supaya kita percaya tuh, dari A sampai Z padahal mah itu gambar kalau kita cari digoogle banyak dia cuman memanipulasi saja. hati2 sama produsen yang respon dan tutur bahasanya berlebihan yaa temen2. tipsnya itu coba alihkan pembicaraan temen2 tentang apa saja kalau dia hanya respon dikit dan lebih cendrung ke produk itu hati2. kita seolah2 dipancing supaya jgn lama2
3. Pelajaran Ketiga
Biasakan Temen2 Jangan langsung bayar cash semua pembayaran yaa. DPin ajah dulu, bangsa 100ribu ajah jangan banyak2, tunggu dia kirim barang temen2 entah itu JNE atau POS kalau sudah kirim minta struknya liat tanggal dan juga tahunnya serta Jasa Kirimnya dimana Bener apa tidak. cabangnya pastikan juga, karna saya pengalaman itu dia telah kirim dan saya dikasih bukti kirimnya beres tuh pas saya cek memang ada berarti bener kan, tapi justru ternyata penipu itu telah kerja sama sama Jasa Kirimnya (dulu itu pas waktu saya dia kirim pakai Pahala Express) web ada dan pas di cari no resi saya memang benar ada tuh. jadi belom sampai disini yaa teman2.
4. Pelajaran ke empat
kalau sudah terlanjur kirim sperti yang dialami saya tuh, penipunya sudah kerjasama begitu, coba jangan kena tipu lebih dalam lagi, soalnya saya kena tipu lagi, mulai dari pajak dan Expedisinya.
parahnya saya kena tipu bertubi-tubi teman2, beli barangnya kena tipu dan juga pada saat perjalanannya kena tipu juga,dan sampai bawa2 ini pelajaran yang amat pahit bagi saya dan saya harap teman2 disini jangan sampai seperti saya ya.
coba temen2 berbelanja yang sudah dipercaya masyarakat , jangan sampai ada transaksi online yaa. dan hindari chat2an dengan produsennya. sekarangkan kaya shopee dll itu sudah ada sistem chatnya langsung disana jadi bukan by phone. dan kalau memang by phone usahakan bayar COD yaa. jangan mau sekali2 trf dengan jumlah nominal besar, oke temen2 semua. semoga kita semua dilindungi yaa dari orang2 jahat. dan mudah2an orang2 jahat seperti itu mendapat balasan yang setimpal. aamiin.
oke teman2 itu saja dulu sharing dari saya semoga bermanfaat bagi teman2 semua. kalau mau konsul boleh komen temen2 karna diatas sebernarnya ceritanya masih panjang,
wassalamu'alaikum wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar